Pengaruh hypnoparenting terhadap kejadian temper tantrum pada anak disabilitas intelektual di sekolah luar biasa kota Pontianak

Main Article Content

Cau Kim Jiu
Sri Ariyanti
Siti Masdah
Gracia Herni Pertiwi
Yovita Erin Sastrini

Abstract

Temper tantrum adalah respons yang normal, namun bisa menjadi masalah jika tidak dikendalikan, terutama pada anak berkebutuhan khusus. Pada anak-anak dengan disabilitas intelektual, tantrum sering kali lebih intensif dan tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata. Oleh karena itu, peran orang tua sangat penting dalam mengatasi perilaku ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh hypnoparenting terhadap kejadian temper tantrum pada anak disabilitas intelektual. Penelitian ini menggunakan desain kuasi eksperimen dengan pendekatan time series design, dilakukan dengan satu kelompok eksperimen yang diberi intervensi hypnoparenting selama 6 hari dengan durasi 30-45 menit dan dilakukan pengukuran sebelum dan sesudah intervensi. Populasi penelitian ini adalah orang tua yang memiliki anak disabilitas intellektual di salah satu SLB Kota Pontianak. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling dengan jumlah responden 20 orang. Hasil uji wilcoxon didapatkan p-value = 0.000 lebih kecil dari ɑ = 0.05 jadi Ha diterima yang artinya ada pengaruh hypnoparenting terhadap kejadian temper tantrum pada anak disabilitas intelektual. Diharapkan orang tua dapat melanjutkan menerapkan hypnoparenting setiap hari kepada anak agar dapat mengontrol perilaku tantrum

Article Details

Section

Articles

How to Cite

Pengaruh hypnoparenting terhadap kejadian temper tantrum pada anak disabilitas intelektual di sekolah luar biasa kota Pontianak. (2025). Jurnal Lentera Kesehatan Masyarakat, 4(3), 258-266. https://doi.org/10.69883/wqneb281

References

Anjani, D., Fadhila, M., & Primasari, W. (2019). Strategi Komunikasi Pendidik dalam Menghadapi Temper Tantrum Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Makna, 5(2), 1–16.

Anugraheni, I. (2017). Hypnoparenting Terhadap Temper Tantrum Pada Anak Prasekolah Di Tk Islam Terpadu Bina Insani Kecamatan Mojoroto Kota Kediri. Dunia Keperawatan, 5(1), 21. https://doi.org/10.20527/dk.v5i1.3637

Chandrawijaya, E. F., & Natalia, J. (2024). Efektivitas Positive Parenting Program dalam Mengurangi Temper Tantrum pada Anak dengan Gangguan Bahasa : Studi Kasus Intervensi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(5), 1057–1068. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i5.5845

Damayanti, Y., Jukarnain, Amalia, R., Jamin, N. S., Leli, & Noviar, R. A. (2024). Pelaksanaan Teknik Hypnotherapy (Terapi Dengan Hipnosis) Dalam Pencegahan Masalah Pada Anak Usia Dini. Sahabat Sosial: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 191–198. https://jurnal.agdosi.com/index.php/jpemas/article/view/27/29

Hufad, A., Suryadi, A., Komar, O., & Lutfiansyah, D. Y. (2019). Hypnoparenting Training i n Improving Parent ’ s Ability About Parenting. International Journal of Recent Technology and Engineering (IJRTE), 8, 898–901. https://doi.org/10.35940/ijrte.B1183.0982S919

Jiu, C. K., Amelia, L., Gusmiah, T., & Pratama, K. (2021). Perilaku tantrum pada anak usia dini di sekolah. Jurnal Pelita PAUD, 5(2), 262–267. https://doi.org/doi: https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v5i2.1317

Manning, B. L., Roberts, M. Y., Estabrook, R., Petitclerc, A., Burns, L., Briggs-gowan, M., Wakschlag, L. S., & Norton, E. S. (2019). Relations Between Toddler Expressive Language and Temper Tantrums in a Community Sample. Journal of Applied Developmental Psychology, 65(847), 1–26. https://doi.org/10.1016/j.appdev.2019.101070.

Mirnawati, & Amka, A. (2022). Reducing Tantrum Behavior in Autistic Children Through “Isolationary Time-Out” Type of Time Out Techniques. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 14(1), 61–70. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.973

Nainggolan, D. R., & Ujung, R. M. (2022). Optimalisasi Pola Asuh tentang Hypnoparenting di Wilayah Pangaribuan Tahun 2023. Jurnal Mitra Prima (JMP), 3(April), 3–5. http://jurnal.unprimdn.ac.id/index.php/mitra_prima/article/view/2531

Sravanti, L., Karki, U., & Seshadari, S. (2018). Rhythm of tantrums. Journal of Psychiatrists’ Association of Nepal, 7(1), 5–9. https://doi.org/10.3126/jpan.v7i1.22932

Trianasari, D., & Sunaryo, I. (2022). Improving An Early Children’s Discipline Through Hypnoparenting Methods. Early Childhood Research Journal (ECRJ), 4(2), 46–67. https://doi.org/10.23917/ecrj.v4i2.11910

Ubaidi, B. A. A. Al, Selaibeekh, N. S. J., Busaibea, A. A., & Almarabheh, A. J. (2023). Relationship between Parenting Styles and Temper Tantrums of Bahraini Children aged 24-48 months old at Primary Care , Kingdom of Bahrain. World Family Medicine/Middle East Journal Of Family Medicine, 21(6), 7–16. https://doi.org/10.5742/MEWFM.2023.95256123

Ulfa, R. A. (2019). Hypnoparenting ; Sebuah Metode Menjinakkan Alligator ’ S Brains Pada Anak Usia Dini. Risa Alfiyah Ulfa Instutut Agama Islam Sunan Giri ( INSURI ) Ponorogo. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 1(2), 39–49.

Yuliani, S. R., Suminarti Fasikhah, S., & Sudinadji, M. (2024). Psychoeducation For Parents and Shadow Teachers: Managing Tantrum Behavior in Children With Special Needs. KnE Social Sciences, ICAP-H International Conference of Applied Psychology, 2024, 575–591. https://doi.org/10.18502/kss.